Dukung Dekarbonisasi, Para Ahli Resmi Perkenalkan Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia (ACEXI)

Jakarta, – Dalam rangka mendukung program Dekarbonisasi Indonesia dan global, para ahli membantuk sebuah asosiasi yang bertujuan memajukan langkah langkah upaya Dekarbonisasi di Indonesia dan global.

Asosiasi para ahli emisi karbon ini diberi nama ACEXI Asosiasi Ahli Emisi Karbon Indonesia (Association of Carbon Emission Experts Indonesia – ACEXI) yang secara resmi diperkenalkan kepada publik di Jakarta pada Sabtu, 4 November 2023 di Swiss bell inn hotel kawasan Kalibata, Jakarta Selatan.

Asosiasi yang terdiri dari para pakar, akademisi, profesional, dan praktisi dalam pengelolaan emisi karbon ini bertujuan untuk memajukan langkah-langkah dekarbonisasi di Indonesia.

Ketua Umum ACEXI, Lastyo Kuntoaji Lukito, dalam paparannya menyatakan bahwa organisasi ACEXI memiliki visi yang ambisius.

“Visi ACEXI adalah: Terwujudnya praktisi di bidang Emisi Karbon yang profesional, berkualitas global, produktif, inovatif, mandiri, sejahtera, dan adil guna membangun daya saing dalam Dunia Usaha dan Dunia Industri sehingga dapat ikut serta meningkatkan perekonomian dan pembangunan nasional yang berkelanjutan serta tercapainya kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” kata Lastyo.

Dalam upaya mencapai visi tersebut, ACEXI bertujuan untuk memperkuat peran praktisi emisi karbon sebagai pendidik bisnis dan ekonomi nasional.

Mereka berharap dapat mendukung pengelolaan emisi karbon dan perubahan iklim di Indonesia.

Selain menjadi wadah kolaborasi antar sektor swasta, pemerintah, akademisi, dan masyarakat, ACEXI juga berfokus pada peningkatan kualitas praktisi.

“Salah satu misi kami adalah mengoptimalkan jejaring dan kemitraan lintas sektor, regional, maupun internasional dalam peraturan ekonomi global serta memfasilitasi partisipasi praktisi ahli emisi karbon Indonesia dalam praktek-praktek inventarisasi dan pengelolaan emisi karbon, hingga memfasilitasi keikutsertaan dalam Kegiatan dan pameran berskala nasional dan internasional,” papar Lastyo.

Seluruh pemangku kepentingan diharapkan mendukung ACEXI untuk mencari solusi efektif dalam mengatasi isu emisi karbon yang menjadi salah satu aspek penting dalam pembangunan berkelanjutan.

ACEXI juga akan berperan sebagai platform bagi peneliti dan praktisi emisi karbon untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman.

Organisasi ini tidak hanya aktif di tingkat nasional, tetapi juga berusaha membangun kerja sama internasional dengan asosiasi serupa di negara lain untuk mengatasi permasalahan emisi karbon secara global.

Dalam hal pemasyarakatan, ACEXI akan menggelar kampanye edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengurangan emisi karbon dan dampaknya terhadap perubahan iklim.

Dengan kesadaran yang lebih besar, diharapkan program pengurangan emisi dapat lebih efektif.

Sementara itu Sekjen ACEXI, Brian mengungkapkan bahwa asosiasi bersifat inklusif yang mana nantinya dapat menerima anggota yang terdiri dari anggota biasa, anggota luar biasa dan anggota kehormatan.

Perkenalan ACEXI diharapkan menjadi tonggak penting dalam upaya mengatasi masalah emisi karbon di Indonesia dan menciptakan lingkungan yang lebih baik.